Saturday, January 18, 2014

MARI MANFAATKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN KOMUNIKASI LEWAT INTERNET!

Kolom IBRAHIM ISA
Minggu, 05 Januari 2014
-------------------------------

MARI MANFAATKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN KOMUNIKASI  LEWAT INTERNET!


Hari ini, Minggu 05 Januari 2014, kubuka Facebook, tercatat di bawah kolom FRIENDS, angka 2000. Artinya Aku telah menjalin hubungan "friends" dengan 2000 pembaca. Termasuk keluarga, kenalan, sahabat dan kawan seperjuangan untuk tujuan Demokrasi dan HAM di Indonesia.

Hal serupa ini tidak terbayangkan beberapa tahun yang lalu. Dengan cepat dan tanpa ongkos KITA bisa menjalin kontak, tukar informasi dan berdiskusi melalui media internet yang dikelola a.l oleh FB. Dengan memanfaatkan media internet, situs, mailist, Facebook, blogspot, Twitter, dsb. dunia informasi menjadi lebih transparan. Akses untuk berbagai dokumentasi dan informasi menjadi lebih terbuka. Meluas dan mendalam.

Kita ingin mencari informasi mengenai amat banyak hal, itu bisa dicapai tanpa ongkos lewat, misalnya Google.com, Wikipedia atau BBC dan pelbagai situs lainnya. Seakan-akan pesta besar bagi kehidupan tukar informasi dan transparansi.

Begitu canggih dan majunya perkembangan di bidang internet, sehingga "tukang canang" seperti Snowdon, bisa membongkar kegiatan penyadapan ilegal yang dilakukan oleh AS dan sementara negeri lainnya, termasuk Australia terhadap Indonesia.

* * *

Maka benarlah sikap yang berusaha memanfaatkan kemajuan teknik dan perkembangan ilmu informatika, internet dsb demi menggalakkan kegiatan yang beguna dan perlu bagi masyarakat dan kemajuan. Bagi usaha solidaritas dan perjuangan demi keadilan dan kebenaran.

Amsterdam, 05 Januari 2014.

* *

No comments: