Saturday, October 15, 2011

PENGHORMATAN UNTUK PEJUANG UMAR SAID

Kolom IBRAHIM ISA

Sabtu, 15 Oktober 2011

-----------------------------


PENGHORMATAN UNTUK PEJUANG UMAR SAID


Cuaca cerah pada hari Jum'at, 14 Oktober kemarin, -- Seakan-akan mengantar khidmatnya keberangkatan sebuah rombongan ke Paris, yang terdiri dari tua – muda, individuil maupun pasangan suami istri, lebih 49 orang orang sahabat-sahabat Umar Said. Perjalanan berlangsung selama kurang lebih 6 jam dari Amsterdam ke Paris. Rombongan kembali tiba di Belanda lewat tengah malam.


Rombongan yang berangkat dari Amsterdam dan Utrecht itu, berdatangan dari berbagai tempat di Belana, seperti Zeist, Woerden; Jerman dari Dortmund, Hülhorst; dan dari Stockholm. Mereka adalah teman-teman dekat (Ayik) Umar Said, berangkat menuju Paris untuk ambil bagian dalam upacara perpisahan dengan Umar Said, sahabat lama yang mereka kenal baik dan amat mereka cintai.


* * *


Di Paris rombongan langsung menuju ke rumah sakit Montreuil dimana jenazah UMAR SAID dibaringkan, memberikan kesempatan keluarga, sahabat, dan handai taulan, melakukan perpisahan-terakhir.


Dutabesar Republik Indonesia untuk Perancis, berkenan layat dan membacakan doa untuk Umar Said, sehari sebelumnya. Sikap Dubes RI di Perancis itu amat dihargai oleh keluarga dan para sahabat Umar Said.


* * *


Dalam sejarahnya tak pernah ada upacara perpisahan dengan seseorang yang meninggal dunia, di adakan di Gedung Kotapradja Montreuil. Juga adalah untuk pertama kalinya seorang Indonesia diberi kehormatan demikian tingginya, dengan pidato perpisahan utama diucapkan oleh Walikota Montreuil. Sikap ini adalah suatu respons, suatu penghargaan besar dan penghormatan tinggi pada Umar Said, yang selama kurang lebih 30 tahun, telah menjadikan Koperasi Restoran Indonesia yang dibangun bersama kawan-kawan Indonesia lainnya yang senasib, dan dengan simpati serta bantuan kalangan progresif serta gereja Paris, -- sebagai salah suatu pusat penting budaya Indonesia dan persahabatan Indonesia-Perancis; serta kegiatan solidaritas dengan perjuangan rakyat Timor Leste dan kegiatan-kegiatan demi hak-hak demokrasi dan HAM di Indonesia.


Ini menunjukkan keberhasilan Umar Said dengan sahabat-sahabatnya dalam membina pengertian dan hubungan bersahabat masyarakat Perancis dengan bangsa dan negeri kita.


* * *


Rapat perpisahan berlangsung di Ruangan rapat Gedung Kotapraja Montreuil penuh sesak, di bawah pimpinan Suyoso, pimpinan Koperasi Restoran Indonesia. Tidak kurang dari 200 orang hadirin yang ambil bagian dalam rapat perpisahan yang berlangsung dengan khidmat. Juga menyampaikan kata-kata perpisahan Tom Ilyas yang mewakili sahabat-sahabat Indonesia di Swedia.


Dalam pidato perpisahannya Walikota Montreuil, Madame Dominique Voynet, anggota Dewan Senat Negara Perancis, menyampaikan dukacita dan belasungkawa kepada istri Ninon sekeluarga dan sahabat-sahabat Indonesia. Ia menguraikan penghargaan tinggi atas peranan aktif dan positif, demi hubungan saling mengerti dan bersahabat antara Indonesia-Perancis dan demi demokrasi dan hak-hak manusia, yang dilakukan Umar Said selama hidup berdomisili di Perancis.


Madame Dannielle Desguees, seorang aktivis militan kaum prorgresif Perancisyang, bicara mewakili sahabat-sahabat Perancis. Dengan teresedu-sedu penuh keharuan ia mengisahkan bagaimana ia sejak semula mendukung ide Umar Said mendirikan Restoran Indonesa yang bisa menampung para eksil dari Indonesia. Sejak itu mereka bekerja sama erat sekali. Berkat dukungan fihak Perancis itulah, berhasil dibangun koperasi Resoran Indonesia yang telah menjadi monumen persahabatan Indonesia-Perancis di tengah kota Paris.


BADANNYA KECIL JIWANYA BESAR


Begitu besar penghargaan Louis Joannet, Hakim Pengadilan Akhli Independen PBB Tentang HAM, serta Penasihat beberapa Perdana Menteri Pemerintah Sosialis Perancis, atas peranan, kegiatan dan hasil kerja Umar Said selama hidupnya, sehingga dalam pidatonya dengan penuh keharuan ia mengakhiri dengan kalimat-kalimat sbb:


UMAR SAID BADANNYA KECIL TETAPI JIWANYA BESAR.

IA SELALU TERLEBIH DULU MEMIKIRKAN ORANG LAIN!


* * *


Atas nama keluarga Umar Said, Ibrahim Isa menyatakan bahwa UMAR SAID ADALAH MANUSIA LANGKA. Pertama-tama ia mengabdikan hidupnya demi kebenaran dan keadilan untuk rakyat Indonesia, demi demokirasi dan hak-hak azasi manusia. Isa nemegaskan, sikap bersahabat dan setiakawan Perancis ini sekali-kali tak akan terlupakan.


Isa menekankan bahwa kita semuanya seperasaan dan sependapat dengan Ninon sekeluarga, yang merasa bangga, puas dan lega dengan apa yang dilakukan Umar Said selama hidupnya.


* * *


Sungkono, Ketua Perhimpunan Persaudaraan Indonesia (di Belanda), menyampaikan pernghormatan dan penghargaannya pada sahabat Umar Said, dengan sajaknya yang dibuat khusus untuk kesempatan perpisahan:


* * *


DAUN -DAUN KUNING LURUH KE BUMI


Di musim gugur, tak terduga Pak Umar pergi

Diiringi daun-daun kuning

Luruh ke bumi

Menanti musim semi

Tiba kembali


Dalam suasana berkabung ini

Mereka yang mengenal amal dan jejak juangMu

Untuk Indonesia Raya yang adil-makmur

Menundukkan kepala, memanjatkan doa

Mengantar kepergianMu kealam baka


Dan penaMu yang runcing-tajam

Masih penuh berisi tinta

Tergeletak di atas meja

Di samping kumpulan karyaMu

Yang tersimpan di kotak elektronika


Walau kini Kau tiada lagi

Penamu akan terus berbakti

Diwarisi generasi muda

Yang telah sadarkan diri

Setelah bangun di siang hari


Mereka akan gunakan untuk mencatat

Dosa-dosa para bedebah

Yang semena-mena menginjak-injak

Hak-hak Azasi Manusia

Menyingkap semua kebiadaban

Jendral-jendral pengkhianat

Menuliskan kebenaran dalam sejarah


Dengan gema karyaMu yang bernada mars

Berkumandang ke seluruh pelosok Nusantara

Mengalunkan irama-juang

Maju tak gentar, membela yang benar”


Kini kau telah pergi

Tinggalkan teladan

Tinggalkan keyakinan

Untuk generasi muda

Yang berani berjuang

Merebut kemenangan

Untuk kemanusiaan

Keadilan dan kemakmuran

Bagi semua insan

Selamat jalan Pak Umar!


Sungkono

Amstelveen 09 Oktober 2011


* * *


Umar Said dimakamkan di Makam Baru Noisy le Grand, Paris.










No comments: