Wednesday, July 4, 2012

AWARD OF EXCELLENCE Untuk Film "40 TAHUN KEHENINGAN"


Kolom IBRAHIM ISA
Rabu, 04 Juli 2012
-----------------------------

AWARD OF EXCELLENCE Untuk Film
"40 TAHUN KEHENINGAN", Suatu Tragedi Indonesia.
Suatu penghargaan dan kehormatan diberikan untuk film berbahasa Inggris produksi luarnegeri dengan tema Indonesia. Berjudul 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy”Directed by Robert Lemelson, USA. Film itu tidak sebarang cerita. Temanya berkenaan dengan apa yang terjadi dalam sejarah bangsa kita. Suatu peristiwa berdarah yang begitu parah, disekitar tahun-tahun 1965-66-67. Yang diangkat di film itu ialah sekitar peristiwa “Gerakan 30 September” (G30S) dan apa yang terjadi kemudian. Yaitu kekerasan militer Indonesia dalam kampanye pengejaran, penahanan, penyiksaan, pemenjaraan, pembuangan dan pembunuhan masal terhadap warga yang tidak bersalah. Dengan dalih bahwa mereka terlibat dalam G30S, bahwa mereka itu adalah anggota, diduga anggota atau simpatisan PKI, serta orang-orang Kiri lainnya yang membela Presiden Sukarno.

Kejadian itu, suatu pelanggaran HAM terbesar yang pernah terjadi di Indonesia, yang sering disebut tragedi atau malapetaka nasional, telah direkayasa dan dipalsukan sedemikian rupa oleh rezim otoriter Orba, dalam sebuah film berjudul “Pengkhianatan G 30 S/PKI”. Film pemalsuan sejarah tergawat tsb dibuat dengan keterlibatan sejumlah pelaku, penulis dan artis periode rezim Orba.

Film yang disutradarai oleh Robert Lemelson, adalah sebuah film 'antipode' terhadap film sekitar G30S yang diprodusir oleh rezim Orba. Film 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy” , bisa dinilai sebagai pengkoreksian atas pemalsuan sejarah yang dilakukan rezim Orba.

* * *

Sebagai ilustrasi mari kita telusuri sedikit apa yang ditulis a.l oleh WIKIPEDIA tentang film rekayasa sejarah yang dibuat Orba: Pengkhianatan G 30 S/PKI: Sutradara Arifin C. Noer, Produser G. Dwipayana. Penulis Arifin C. Noer, Bram Adrianto, Syu'bah Asa, Ade Irawan, dan Amoroso Katamsi.Pemeran, Omar Kayam dll. Panjang: 220 menit. Dapat penghargaan Festival Film Indonesia 1984.

Pengkhianatan G 30 S/PKI” adalah judul flm propaganda Indonessia dari tahun 1984 yang disutradarai oleh Arifin C Noer. Cerita film ini adalah versi resmi pemerintah Orde Baru tentang peristiwa yang terjadi pada malam 30 September dan pagi 1 Oktober di Jakarta. Pada malam dan pagi hari itu terjadi pergolakan politik di Indonesia yang kemudian berujung pada pergantian rezim dari Sukarno ke Suharto.
Pihak Orba di bawah pimpinan Suharto mengatakan bahwa PKI melakukan pemberontakan yang kemudian digagalkan oleh Suharto sendiri. Inilah yang menjadi dasar film tersebut. Sampai hari ini
masih banyak orang yang mempertentangkan kebenaran hal tersebut dan topik ini masih diselimuti banyak kontroversi dan rahasia.
Pemerintahan Suharto kemudian memerintahkan satu-satunya stasiun TV di Indonesia ketika itu, TVRI, untuk menayangkan film ini setiap tahun pada tanggal 30 September malam. Pada saat stasiun-stasiun TV swasta bermunculan, mereka juga dikenai kewajiban yang sama. Peraturan ini kemudian dihapuskan pada tahun 1998 dan sejak saat itu film ini belum pernah lagi diputar di stasiun televisi Indonesia. Demikian Wikipedia.

Setelah Suharto tersingkir oleh gelombang kebangkitan Reformasi dan Demokratisasi, pemerintah yang menggantikannya menghentikan pengedaran film rekayasa dan kebohongan sejarah “Pengkhianatan G 30 S/PKI”. Namun pemerintah Megawati, Gus Dur maupun SBY sampai sekarang tidak pernah mengkoreksi pemalsuan sejarah dan pembohongan yang disebarkan oleh rezim Orba.
Patutlah film “40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy”, disambut sebagai suatu usaha untuk melempangkan sejarah yang dibengkokkan rezim Orba.



* * *



Kita mengucapkan SELAMAT, dengan diraihnya AWARD OF EXCELLENCE untuk film "40 TAHUN KEHENINGAN"di Festival Film Internasional untuk Perdamaian, Inspirasi dan Kesetaraan. Semoga pementasan film bersejarah tsb di Indonesia bisa berlangsung dengan lancar dan sukses tanpa gangguan dari fihak-fihak yang khawatir dan takut pada pengungkapan fakta-fakta sejarah bangsa dengan pementasan film "40 TAHUN KEHENINGAN". Suatu TRAGEDI INDONESIA.

Awards Night Premiere akan berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2012 di Blitzmegaplex bioskop, Grand Indonesia, Jakarta. Penyelenggara mengundang para penggemar di Indonesia untuk menyaksikannya. Penggemaer film juuga bisa menyaksikannya di http://www.internationalfilmfestivals.org/winners.htm.
Pementasan berlangsung dari tanggal 30 Agustus s/d 21 September, 2012 untuk merayakan International Peace Day. Demikian diumumkan oleh fihak penyelenggara.

* * *




No comments: