Tuesday, May 1, 2012

Mari Sambut SOLIDARITAS MAHASISWA & BURUH


Kolom IBRAHIM ISA
Selasa, 01 Mei 2012
-----------------------------

Mari Sambut SOLIDARITAS
MAHASISWA & BURUH dalam Perjuangan Untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial !!

Hari ini SATU MEI 2012, Hari Buruh Internasional di Jakarta, ditandai a.l dngan aksi-unjuk rasa MENUNTUT DICABUTNYA Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) 17/2005.

Kaum buruh dan mahasiswa yang secara jelas-tegas bergandengan tangan beraksi hari ini, menganggap Permenaker adalah “ pangkal penyebab nasib buruh di tanah air tidak kunjung sejahtera”. Demikian diberitakan oleh Rakyat Merdeka Online (1/5-2012). Yosef Sampurna Nggarang, Koordinator Aliansi Mahasiswa untuk Perubahan (Amarah), menyatakan a.l

. . . . Kalau SBY mengabaikannya, kami akan menginap di depan Istana sampai tuntutan dipenuhi".

Organisasi-organisasi mahasiswa yang menurut rencana akan turut ambil bagian dalam aksi-solidaritas dengn kaum buruh meliputi a.l dari Kampus Asahara, Universitas Bung Karno (UBK), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMI), Universitas Islam Negeri (UIN), Jayabaya, dan beberapa kampus lain. Dalam aksi 1 Mei ini mahasiswa berkordinasi dengan kaum buruh.

Menanggapi Permanaker 17/2005 serta perkembangan aksi-solider para mahasiswa dengan perjuangan perbaikan nasib kaum buruh, Rizal Ramli, Ketua Aliansi Rakyat untuk Perubahan
, menyatakan a.l."Substansi Permenaker 17/2005 memang tidak manusiawi. Rumus yang digunakan untuk menghitung upah buruh sangat tidak akurat sehingga tidak memungkinkan buruh hidup secara layak. Karena itu, sudah semestinya Permenaker itu dicabut, untuk selanjutnya disusun peraturan yang memasukkan perhitungan komponen yang lebih menjamin kehidupan buruh lebih sejahtera".

* * *

Peringatan HARI 1 MEI, adalah PERINGATAN KAUM BURUH MANCANEGARA, untuk perbaikan nasib dan hak-hak demokrasi.

Untuk diingat kembali :

Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions untuk, selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Tanggal 1 Mei dipilih karena di tahun 1884 Federation og Orgnized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872, menuntut delapan jam kerja di Amerik a Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.(Sumber: Wikipedia).

Sejak berdirinya, --- rezim Orde Baru membubarkan serta melarang organisasi-organisasi buruh yang sudah berdiri bertahun-tahun lamanya, ambil bagian dalam perjuangan kemerdekaan dan berkembang sejak berdirinya Republik Indonesia.



Dengan melarang organisasi-organisasi buruh seperti a.l yang terbesar di Indonesia, yaitu, organisasi buruh SOBSI (Sentral Organisai Buruh Seluruh Indonesia), Orde Baru dengan itu melucuti kaum pekerja Indonesia dari senjata mereka yang paling ampuh dalam perjuangan demi keadilan sosial dan demokrasi melawan kesewenang-wenangan dan pemerasan majikan serta menentang represi penguasa yang kecenderungan utamanya adalah membela fihak majikan.



Seiring dengan membubarkan dan melarang organisasi buruh yang indepedent dari penguasa dan majikan, rezim Orde Baru juga melarang diperingati serta dirayakannya HARI BURUH SEDUNIA 1 MEI. Sehingga kegiatan dan perjuangan kaum buruh Indonesia jadi MANDEK selama 32 tahun kekuasaan rezim Orba.

Sejak jatuhnya rezim Orba dan Suharto turun panggung kekuasaan politik negara dan pemerintahan, Hari 1 Mei diperingati dan dirayakan kembali, serta diisi dengan tuntutan perbaikan nasib dan hak-hak demokrasi bagi kaum pekerja dan seluruh rakyat.

Kegiatan kaum buruh Indonesia, pertama-tama membangun organisasi serikat buruh atau serikat sekerjanya sendiri yang bebas dari pengendalian dan campur tangan penguasa dan majikan, tidak saja memeperjuangkan tuntutan-tuntutan sosial-ekonomi, seperti hapusnya Permenaker 17/2005, tapi juga mendengungkan tuntutan politik, a.l menuntut ditegakkannya pemerintah yang bersih dari korupsi, birokrasi dan nepotisme.

Kita saksikan misalnya, pada Pawai Hari Buruh 1 Mei 2003 di Jakarta, a.l diajukan tuntutan: “BERSATU! Bentuk Pemerintahan Dari, Oleh dan Untuk Rakyat Miskin”.

Kali ini peringatan/perayaan HARI BURUH 1 MEI di Indonesia, tampak istimewa dilakukan oleh kaum buruh Batam. Youtube mempertunjukkan aksi parade kaum buruh Batam hari ini,dengan latar-belakang suara menggelédék Presiden Sukarno yang menyerukan persatuan nasional serta semboyan-semboyan tegaknya Republik Indonesia yang berdasarkan PANCASILA, MANIPOL-USDEK, BERDIKRARI, DAN NASAKOM!!

Media nasional tidak ketinggalan pula memberitakan bahwa tidak kurang dari 2000 anggota Serikat Sekerja Metal Indonesia, (kawasan industri Batamindo) berparade berunjuk rasa pada hari ini tanggal 1 Mei 2012. Tiga tuntutan yang diajukan oleh massa buruh yang berunjuk rasa: 1. menuntut penghapusan pekerja kontrak luar (outsourcing); 2. diberlakukannya sistem jaminan sosial nasional; dan 3. revisi revisi peraturan tentang komponen upah layak.

Mereka menyatakan bahwa sistem pekerja kontrak luar, sangat tidak adil.

Di banyak tempat lainnya kaum buruh menuntut upah kerja layak, hak berserikat, serta penghapusan sistem kerja kontrak.
* * *

Kaum buruh Indonesia punya sejarah serta tradisi perjuangan yang panjang. Mereka memadukan tuntutan-tututan sosial- ekonomi dengan tuntutan politik, terutama untuk berdirinya pemerintahan yang peduli rakyat, yang demokratis, serta bersih dari korupsi, birokrasi dan nepotimse, Kegiatan dan perjuangan kaum buruh ini akan berlangsung terus!

Selama ketidak-adilan dan kesewenang-wenangan mencekik kehidupan sehari-hari kaum buruh dan membelenggu kebebasan kaum buruh untuk berorganisasi dan melakukan perjuangan demi nasib yang lebih baik,---- selama itu:

PERJUANGAN KAUM BURUH INDONESIA AKAN BERLANGSUNG TERUS!

* * *


1 comment:

Ahmad Muhibullah said...

BERSATU TAK BISA DI KALAHKAN