Monday, July 14, 2014

BERTELADAN DAN BELAJAR DARI PAHLAWAN NASIONAL DR SAM RATULANGI

Kolom  IBRAHIM ISA
Kemis, 03 Juli 2914


----------------------------


BERTELADAN DAN BELAJAR DARI PAHLAWAN NASIONAL DR SAM RATULANGI

*    *    *

Inilah salah satu cara baik dan efektif  mengenangkan PAHLAWAN NASIONAL KITA

Dengan demikian meneruskan berteladan dan belajar dari semangat juang,  keberanian, konsistensi dan daya tahan . . .dalam memperjuangkan dan membela KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA . . .

Belajar dan berteladan pada Dr Sam Ratulangi . .
Meneruskan cita-cita beliau untuk suatu Indonesia yang merdeka, makmur dan adil . . . .

Amsterdam

*    *    *


By Lani Ratulangi

Rukun Ratulangi Ziarah ke Makam Sam Ratulangi
TONDANO – Rasa bangga dirasakan seluruh keturunan pahlawan nasional Dr GSSJ Ratulangi saat ziarah dalam mengenang 65 tahun meninggalnya Sam Ratulangi sekaligus pertemuan tahunan keturunan Ratulangi di makam Dr GSSJ Ratulangi di Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat, Senin (30/6) kemarin.

“Dr GSSJ Ratulangi adalah seorang pemikir bangsa dan merupakan pahlawan nasional.
Pemerintah sangat menjunjung tinggi landasan pemikiran dari Sam Ratulangi di mana sekarang sedang ditindaklanjuti pemerintah daerah terlebih pemerintah provinsi melalui Gubernur SHS yang mencanangkan Sulut sebagai pintu gerbang Asia Pasifik,” ungkap Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Denny Mangala MSi saat memberikan sambutan dalam ziarah rukun Ratulangi.

Ketua Rukun Ratulangi yang juga sebagai Wadir Narkoba Polda Sulut AKBP Pitra Ratulangi SIK MM mengatakan, leluhur mereka menjadi pahlawan nasional bukan karena kiprah di bidang politik namun merupakan tokoh pendidikan yang menyumbangkan pola pikirnya untuk bangsa dan Negara.

“Terima kasih kepada pemerintah yang menghargai leluhur kita yang merupakan tokoh pendidikan nasional ini. Bukan hanya di Sulut tapi di kota-kota lain juga samgat tampak sumbangsih pengaruh Dr GSSJ Ratulangi. Buktinya nama Sam Ratulangi diabadikan menjadi nama-nama jalan protokol di kota-kota besar di Indonesia,” pungkasnya.

Ziarah yang dihadiri oleh perwakilan keturunan Ratulangi se-Sulut ini juga dirangkaikan dengan pengheningan cipta mengenang pahlawan bangsa Dr GSSJ Ratulangi, juga memilih pengurus untuk rukun Ratulangi di daerah-daerah.
“Saat ini kita juga membentuk pengurus rukun Ratulangi di daerah-daerah agar hubungan lebih baik lagi. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan keturunan Ratulangi dari 15 kabupaten/kota se Sulut serta ada juga yang dari Jakarta,” tukas Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi yang juga koorinator acara dalam pertemuan tahunan ini.(tr-03/gyp) — with Robert Ratulangi.


No comments: