Monday, July 14, 2014

Kolom IBRAHIM ISA
Jum'at Sore, 11 Juli 2014
----------------------------------

MENJELANG PENGUMUMAN KPU, 22 Juli 2014
Pernyataan Jokowi - – -
Indonesia Sokong Palestina
* * *
Jokowi berseru kepada rakyat Indonesia untuk meyumbangkan dana kepada Palestina

Kurang lebih dua minggu lagi, 22 Juli 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil pilpres 2014. Demikian diberitakan di media. Pers dalam maupun luarnegeri mencatat suasana tegang. Pasalnya, karena dua-dua capres, Prabowo dan Jokowi, mengklaim kemenangn pilpres 2014. Kedua belah fihak bertolak pada quick-account pelbagai lembaga survai. Pers menununjuk pada kredibilitas survai yang menyatakan Jokowi unggul. Sedangkan yang mengklaim kemenangn Prabowo adalah lembaga-lembaga survai yang diragukan kredibilitasnya.

Dalam pada itu – – – sejumlah polisi berjaga-jaga di muka Kantor lembaga survei Indikator Politik . -- Berhubung sudah adanya ancaman-ancaman, maka diperhitungkan kemungkinan kelompok pendukung Prabowo akan mengadakan aksi demo memprotes lembaga-lembaga survai yang mengunggulkan Jokowi.

* * *

Menjelang 22 Juli, hari KPU mengumumkan hasil Pilpres 2014, Presiden SBY “meminta kedua belah pihak untuk saling menahan diri sambil menunggu pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli mendatang”. Permintaan SBY tsb , sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara, yang, akhirnya, adalah yang paling bertanggung-jawab terpeliharanya ketenangan dan ketentraman, serta berakhirnya dengan wajar tugas KPU, adalah suatu permintaan yang seharusnya memang demikian.

* * *

Pernyataan Solidaritas Indonesia kepada RAKYAT PALESTINA.
Di tengah-tengah suasana tegang dan was-was akan terjadinya 'sesuatu' menjelang 22 Juli nanti, – – – Bangsa ini diingatkan pada kejadian serius, yang bisa menyulut dan meledakkan tumpukan mesiu yang sudah lama tertimbun dan ditimbun terus di bagian itu dari Timur Tengah: PALESTINA. Meletusnya konflik besar-besaran baru di bagian dunia itu, pasti akan menyebabkan penderitaan yang akan bertambah besar di fihak rakyat Palestina.

Pemerintah Israel telah bersumpah akan 'menghancurkan' jaringan militer HAMAS di Gaza. Tapi kenyataannya, serangan-serangan udara membabi-buta yang dilakukan oleh militer Israel. Dan lagi-lagi sebagian terbesar korban adalah warga sipil Palestina. Jelas Israel bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat Palestina. Israel selalu mengajukan alasan 'bela diri' warganegaranya. Suatu alasan buatan yang palsu.

Israel mengatakan menyerang 780 sasaran di Gaza sejak hari Selasa, Pers internasional memberitakan sekitar 20 orang meninggal dalam serangan paling mematikan yang dilakukan Israel terhadap Gaza. Seorang remaja Palestina yang tewas di Yerusalem dibakar hidup-hidup menurut pemeriksaan otopsi seperti yang dikutip jaksa agung Palestina. Berita terakhir menyebut korban meninggal sejauh ini mencapai 76 orang dan sekitar 500 lainnya luka-luka.

* * *

    Siapakah yang agresor dan siapa yang korban di Palestina?
    Sejak berdirinya negara Israel, 1948, sejak itu rakyat Palestina menjadi korban agresi Israel. Entah berapa juta rakyat Palestina yang diteror, dibunuh, rumahnya dibakar, penduduknya diusir dari kampung halamannya yang telah diproklamasikan sebagai wilayah negara Israel.

Teringat ketika kami, -- Delegasi Indonesia ke Sidang Komite Eksekutif Organisasi Setiakawan Rakyat Asia-Afrika (AAPSO), hadir di Gaza. Saat itu Gaza ada di bawah administrasi pemerintah Republik Arab Persatuan – – UAR -(1961). Delegasi Indonesia yang terdiri dari a.l K.H Sirajuddin Abas, anggotas Parlemen – Ketua Partai Islam PERTI - (Ketua OISRAA ketika itu), Sunito (Sekretaris OISRAA dan Sekretaris Parlemen), H. Mansur (PNI, anggota Parlemen), dan Ibrahim Isa – (Sekjen OISRAA).

Kami mengunjungi kemah-kemah kaum pengungsi Palestina di Gaza, yang diusir Israel dari kampung halaman mereka yang diproklamasikan sebagai negara Israel. Betapa besarnya penderitaan dan pengorbanan mereka.

* * *

Sejak semula rakyat Indonesia dan pemerintah Presiden Sukarno, selalu menyokong perjuangan rakyat Palestina melawan agresi Israel, untuk berdirnya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat. Oleh karena itu, RI menolak mengakui dan mengadakan hubungan diplomatik dengan negara Israel.

Maka tepat sekali pernyataan JOKO WIDODO yang menyokong rakyat Palestina. Jokowi menuntut PBB mngambil tindakan yang diperlukan untuk mengakhiri serangan Israel atas rakyat Palestina.

JOKOWI : – .(Antara) “Saya minta seluruh rakyat Indonesia berdoa untuk rakyat Palestina, agar mereka memperoleh kekuatan, baik fisik maupun mental, untuk mempertahankan kedaulatan mereka terhadap kolonialisme Israel. Semoga Tuhan YMK akan selalu bersama rakyat Palestina.”



Jokowi selanjutnya mengatakan bahwa ia akan berjumpa dengan Dubes Palestina untuk Indonesia. ”Saya dekat dengan Dutabesar Palestina dan saya akan menjumpai beliau untuk menyatakan dukungan langsung bagi rakyat Palestina dan mengutuk serangan Israel atas Gaza”. Demikian Jokowi.



Jokowi juga berseru kepada rakyat Indonesia untuk meyumbangkan dana kepada Palestina melalui Kedutaan mereka di Jakarta.



* * *



Seruan Jokowi ini dinilai sebagai pernyataan pertama Jokowi sehubungan dengan politik luarnegeri Indonesia. Suatu pernyataan yang dinilai tepat pada waktunya dan merupakan dukungan kuat pada rakyat PALESTINA.



* * *









No comments: