Friday, December 7, 2012

*TIONGKOK --- SUATU RENCANA BESAR* - *Yang BERDAMPAK GLOBAL*

*Kolom IBRAHIM ISA
Kemis, 29 November 2012**
------------------------*


*TIONGKOK --- SUATU RENCANA BESAR*

*Yang BERDAMPAK GLOBAL*


Pertumbuhan ekonomi Eropah Barat, khususnya Jerman, dalam waktu panjang mengalami kemajuan pesat. Dan Jerman dinilai sebagai MOTOR ekonomi Eropah. Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Jerman selalu memberikan pengaruh besar pada ekonomi Eropah. Baik dari segi positif maupun negatif.


* * *


TV Belanda, Nederland 1, kemarin menyiarkan liputan waratwannya sekitar kegiatgan ekonomi di salah satu pelabuhan besar dan penting Jerman, Hamburg,. Liputan itu menunjukkan, -- bahwa pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Hamburg dan Jerman umumnya, -- tak terlepas dari pertumbuhan dan perkembngan ekonomi Tiongkok. Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Tiongkok, langsung memberikan dampak positif bagi ekonomi Jerman.


Para aahli ekonomi dan finas dunia mengungkapkan bahwa dewasa ini, pengaruh Tiongkok, sebagai negeri yang ekonominya terkuat di dunia setelah AS, --- semakin lama semakin besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dunia. Bahkan ada yang menganalisis bahwa perumbuhan dan perkembangan ekonomi Tiongkok mendatang, akan merupakan faktor menentukan berhasil tidaknya dunia keluar dari krisis dewasa ini dan tumbuh serta berkembang.


Maka dunia dengan penuh perhatian mengikuti jalannya dan keputusan Kongres Ke-XVIII Partai Komunis Tiongkok baru-baru ini. Kongres tsb telah merancangkan 'cetak biru' untuk pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selanjutnya; -- yaitu: mengatasi dampak-dampak negatif kebijakan baru seperti: membesarnya perbedaan antara lapisan penduduk yang kaya dan yang miskin; korupsi dan birokrasi; serta penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan pribadi, yang melanda pemerintah dan Partai Komunis Tiongkok.


* * *


Baik ditelusuri *bagaian-bagian* dari pidato pidato singkat Xi Jinping, Sekjen CC PKT didepan para jurnalis yang meliput Kongres Ke-XVIII PKT : :


Perhatikan arti penting dari pidato Xi Jin Ping yang menyatakan:


*Upaya selanjutnya untuk membebaskan pikiran kami, melakukan*

*reformasi dan membuka diri, membebaskan yang lebih jauh lagi dan mengembangkan kekuatan produktif, bekerja keras untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi Rakyat di dalam pekerjaan dan kehidupan, dan tidak ragu-ragu mengejar kesejahteraan umum,". *


* * *

*XI JINPING:*


"Sejak berdirinya, Partai Komunis Tiongkok telah melakukan pengorbanan besar dan ditempa dalam perjuangan melawan segala rintangan. Semuanya dihimpun dan memimpin Rakyat Tiongkok dalam mengubah Tiongkok lama yang miskin dan terbelakang, -- menjadi Tiongkok baru yang semakin makmur dan kuat.


"Tanggung jawab kami sekarang adalah menggalang dan memimpin seluruh Partai dan Rakyat dari semua kelompok etnis di Tiongkok, untuk mengambil alih tongkat estafet yang diberikan kepada kami oleh sejarah, dan dalam upaya terus untuk mencapai pembaharuan besar bangsa Tiongkok, membuat bangsa Tiongkok berdiri kokoh bagaikan batu karang dalam keluarga bangsa-bangsa, dan membuat kontribusi yang lebih besar bagi umat manusia.


"Kami telah mengambil tanggung jawab penting ini bagi Rakyat kami. Rakyat kami adalah Rakyat yang besar hebat. Selama perjalanan panjang sejarah, Rakyat Tiongkok, bekerja dengan ketekunan, keberanian dan kebijaksanaan,

menciptakan tanah air yang indah di mana semua kelompok etnis hidup dalam

harmoni, dan mengembangkan budaya yang besar dan dinamis ".


"Rakyat kami memiliki cinta yang menggebu untuk hidup. Mereka ingin memiliki pendidikan yang lebih baik, pekerjaan yang lebih stabil, lebih banyak pendapatan, jaminan sosial yang lebih besar, perawatan medis dan kesehatan yang lebih baik, kondisi perumahan ditingkatkan, dan lingkungan yang lebih baik" .


"Mereka ingin anak-anak mereka memiliki pertumbuhan yang sehat, memiliki pekerjaan yang baik dan menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan. Untuk memenuhi keinginan mereka untuk hidup bahagia adalah misi kami. Hanya kerja keras yang menciptakan semua kebahagiaan di dunia."


"Untuk memenuhi tanggung jawab kami, kami akan menggalang dan memimpin seluruh Partai dan Rakyat dari semua kelompok etnis di Tiongkok dalam upaya selanjutnya untuk membebaskan pikiran kami, melakukan

reformasi dan membuka diri, membebaskan yang lebih jauh lagi dan mengembangkan kekuatan produktif, bekerja keras untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi Rakyat di dalam pekerjaan dan kehidupan, dan tidak ragu-ragu mengejar kesejahteraan umum,".


"Kami telah mengambil tanggung jawab penting ini bagi Partai. Partai kami berdedikasi untuk melayani masyarakat.. Inilah yang menyebabkan Rakyat kami terkenal di dunia dengan prestasi yang dicapainya, dan kami memiliki setiap alasan untuk bangga dengan prestasi ini".


"Tapi kami tidak puas, dan kami tidak akan beristirahat pada kemenangan kami. Dalam kondisi baru, Partai kami menghadapi tantangan berat yang sangat banyak, dan ada juga masalah banyak dalam yang mendesak dalam Partai kami yang perlu diselesaikan, khususnya korupsi, yang bercerai dari Rakyat, melalui formalitas dan birokratisme yang disebabkan oleh beberapa pejabat Partai, "


"Kita harus melakukan segala upaya untuk memecahkan masalah ini. Partai secara keseluruhan harus tetap siaga penuh," .

"Untuk mengatasi masalah ini, kami harus terlebih dahulu dengan perilaku yang terhormat . Tanggung jawab kami adalah untuk bekerja dengan semua rekan-rekan di Partai untuk menegakkan prinsip bahwa Partai harus mengawasi perilaku sendiri dan berjalan sendiri dengan disiplin yang ketat. Secara efektif memecahkan masalah utama di Partai, meningkatkan perilaku kami, dan memelihara hubungan dekat dengan Rakyat, "


"Dengan demikian, kami akan memastikan bahwa Partai kami akan tetap menjadi inti pimpinan dalam memajukan sosialisme dengan berkarakteristik Tiongkok," .


"Rakyatlah yang telah menciptakan sejarah, dan Rakyatlah pahlawan yang sejati. Rakyat adalah sumber kekuatan kami,".

"Kami sangat menyadari bahwa kemampuan seorang individu terbatas. Tapi ketika kami bersatu sebagai satu kesatuan, kami akan menciptakan sebuah kekuatan yang luar biasa dan kami pasti bisa mengatasi semua

kesulitan,".


"Kami hanya dapat bekerja untuk jangka waktu yang terbatas, tetapi tidak ada batas untuk melayani masyarakat dengan penuh dedikasi. Tanggung jawab kami adalah lebih berat daripada Gunung Tai, dan jalan kami ke depan adalah satu perjalanan yang sangat panjang," .

"Kami harus selalu berpikiran yang sama dengan Rakyat dan berbagi nasib yang sama dengan mereka, dan kami harus bekerja sama dengan mereka dan tekun demi kebaikan masyarakat sehingga hidup sesuai dengan harapan sejarah dan Rakyat," .

"Seperti halnya Tiongkok yang perlu belajar lebih banyak tentang dunia, sehingga dunia juga perlu mempelajari lebih lanjut tentang Tiongkok," .


Demikian bagian-bagian penting dari pidato Xi Jinping, Sekretgaris Jendral Partai Komunis Tiongkok.


* * *


*NB:*

*PERHATIAN -- PERHATIAN !! RALAT-RALAT*

*RALAT terhadap Kolom IBRAHIM ISA*, 28 November 2012, sbb:


*PERINGATAN HARI HAM 10 DESEMBER 2012, yad-- akan berlangsung di*

*DOELENZAAL UVA , *

*Universiteitsbibliotheek CO. 7, *

*Singel 421-427, 1012 WP AMSTERDAM,*


Bukan di Diemen.

Dengan ini kesalahan sudah dikoreksi .

Terima kasi atas perhatian Bung Tan dan Mbak Suharti Maslam. Dan Chalik Hamid---- I.I.


* * *

No comments: