Tuesday, August 19, 2014

15 AGUSTUS 1945 --- SAAT KERUNTUHAN PENJAJAHAN JEPANG-FASIS DI ASIA DUA HARI KEMUDIAN -- 17 AGUSTUS 1945, – BANGSA INDONESIA MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Kolom IBRAHIM ISA
Jum'at Malam, 15 Agustus 2014
-------------------------------------------

15 AGUSTUS 1945 --- SAAT KERUNTUHAN PENJAJAHAN JEPANG-FASIS DI ASIA
DUA HARI KEMUDIAN -- 17 AGUSTUS 1945, – BANGSA INDONESIA MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA

* * *

Hari ini 69 tahun yang lalu -- Jepang yang kekuatan militernya masih berdominasi di daratan Asia, -- i.e.  Sebagian  (kecil wilayah) Tiongkok, Thailand, Birma, India (bagian Timur), Ceylon, Kambodja, Laos, Vietnam, Malaya; dan kepulauan antara benua Asia dan Australia -- Indonesia dan Filipina; ---
TELAH MENYERAH TANPA SYARAT KEPADA SEKUTU. Juga dikenal dengan nama aliansi kekuatan A-B-C-D- .

Menyerahnya Balatentara Dai Nippon, terutama disebabkan oleh DUA BUAH BOM ATOM yang diledakkan Amerika Serikat di atas kota berpenduduk padat: Hiroshima dan Nagasaki. Korban begitu besar yang timbul di fihak penduduk sipil Jepang oleh dua ledakan bom atom AS itu, merupakan faktor yang menentukan Kaisar Hirohito bertekuk lutut. Meskipun ketika itu kekuatan militer Jepang masih cukup besar .

*    *    *

Peristiwa penting tsb punya arti sejarah luar biasa bagi bangsa-banga Asia, khususnya bagi Indonesia.
Para pemimpin nasional Indonesia dengan sigap memanfaatkan momentum historis, yaitu ketika tentara pendudukan Jepang menyerah, halmana menyebabkan secara moral, mental dan politik mereka telah terlucuti samasekali - hilang semangat "Bushido"-nya yang bersedia berkorban segala-galanya demi Tenno Heika yang dianggapnya masih keturunan Dewa-Dewa dari Kayangan.

* * *

Para pemimpin nasional perjuangan kemerdekaan Indonesia dibawah pimpinan Sukarno-Hatta dengan pandai menggunakan 'kesempatan emas' tsb – dengan timbulnya 'political vacume' yang terdapat di Indonsia ketika itu. Secepat kilat, bijaksana dan PASTI, dua hari setelah Jepang menyerah Sukarno-Hata atas nama Bangsa Indonesia -- MEMPROKLMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA, pada 17 Agustus 1945. Halmana merupakan puncak dari lahir, perkembangan dan bertambah besarnya kekuatan revolusi Indonesia.


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan SANGKAKALA dimulainya REVOLUSI KEMERDEKAAN INDONESIA, suatu revolusi politik dan fisik (bersenjata) melawan kekuatan militer Jepang, Inggris dan Belanda.


* * *


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, dua hari setelah Jepang menyerah --- adalah peristiwa paling besar dan terpenting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan nasionalnya. Menjadikannya anggota yang sedrajat dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya di masyarakat internasional.


Sekaligus juga menunjukkan bahwa KEMERDEKAAN INDONESIA BUKAN HADIAH DARI JEPANG ATAU SIAPAPUN.
Bangsa Indonesia telah merebut nasib dan haridepannya di tangannya sendiri. * * *




No comments: